30 Agust

KEIN Disebut Sepakat Pembatasan Impor

VIVA – Presiden Joko Widodo hari ini mengadakan pertemuan dengan Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN). Diskusi mengenai pembatasan impor yang akan dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan pun dilakukan, setelah kemarin hal ini juga telah dibahas dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika mengatakan, KEIN juga mendukung pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pengendalian kebijakan impor.

“Pada umumnya KEIN setuju, merasa bahwa langkah itu memang seharusnya dikerjakan pemerintah. Dalam situasi semacam ini, mendorong ekspor dan mengelola impor menjadi yang paling masuk akal,” kata Erani, usai pertemuan, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2018.

Menurut Erani, pemerintah saat ini pun sudah mengendalikan impor. Contohnya, penggunaan campuran biodiesel 20 persen dalam solar atau B20. Dengan kebijakan itu, impor minyak bisa ditekan, karena menggunakan sawit dan produk sawit dalam negeri.

“Untuk beberapa impor yang kira-kira ada substitusinya di dalam negeri sehingga ada pilihan. Di ekspor saya kira yang sudah kita dengar lama itu dipertajam,” katanya.

Oleh : Tim Viva. Selasa, 28 Agustus 2018 | 16:49 WIB

Referensi : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1069303-kein-disebut-sepakat-pembatasan-impor diakses pada Kamis 30 Agustus 2018 – 10.30 WIB

Bisnis

0 Comment

related posts

add a comment